7 Jenis Video Iklan untuk Promosi di Youtube

7 Jenis Video Iklan untuk Promosi di Youtube

Ada banyak cara untuk membuat video promosi dan kemudian menempelkannya di berbagai platform. Video promosi tersebut bisa dibuat menjadi iklan yang tayang di platform youtube. Untuk tahu apa saja jenis video iklan yang bisa Anda gunakan, baca selanjutnya di sini ya.

  • Display Ads

Jenis iklan di youtube ini berupa banner di sebelah video yang sedang ditonton di desktop. Jenis iklan yang memang khusus untuk ditampilkan di desktop komputer ini memiliki ukuran 300×250 px atau 300 x 60 px. Jadi, kalau Anda hendak membuat video promosi untuk diletakkan di display ads, maka Anda harus menggunakan ukuran tersebut.

  • Non-skippable Video Ads

Sesuai dengan namanya, jika Anda membuat video iklan dengan jenis ini, maka video tersebut tidak bisa di skip atau diabaikan. Penonton harus melihat video tersebut selama 15-20 detik atau tergantung dari ketentuan Youtube.

Jenis video promosi non-skippable video ads ini bisa ditempatkan di awal, tengah maupun akhir dari video. Keuntungannya, jenis video ini bisa diaplikasikan untuk youtube desktop maupun smartphone.

jenis video iklan youtube

  • Skippable Video Ads

Jika Anda membuat video promosi dan pengguna youtube bisa melakukan skip pada video tersebut saat tayang di Youtube, maka video tersebut termasuk skippable video. Biasanya untuk skip, dilakukan setelah 5 detik. Jadi, sebaiknya Anda membuat jenis video promosi yang menarik di 5 detik awal.

Ketika pengguna tersebut tertarik untuk melihat, bisa saja pengguna tersebut tidak melakukan skip. Jika video tersebut ditonton hingga selesai atau sesuai dengan kesepakatan dengan pengiklan, maka pembuat kontennya akan memperoleh bayaran.

  • Bumper Ads

Jenis iklan seperti bumper ads ini mulai terkenal sejak tahun 2018. Namun, semakin kesini, jenis bumper ads semakin diminati. Format iklan ini memiliki kemiripan dengan jenis iklan non-skippable. Bedanya, jenis iklan ini hanya sekitar 6 detik saja. Jadi, pengguna youtube bisa menontonnya hingga selesai.

Jika Anda hendak membuat jenis video promosi seperti ini untuk iklan, maka Anda harus membuat iklan yang singkat, padat dan jelas. Dengan begitu, walaupun durasi iklan tersebut pendek, namun, orang yang melihatnya tetap dapat memahami apa yang ada di iklan tersebut.

  • Midroll Ads

Jenis iklan ini hampir sama seperti iklan televisi. Iklan yang disebut juga dengan iklan paruh  putar ini hanya bisa ditampilkan di video yang memiliki durasi lebih dari 10 menit. Anda bisa menempatkan jenis iklan ini di bagian tertentu yang tidak mengganggu penonton.

Kenapa? Ini dilakukan untuk meminimalisir penonton yang kecewa yang akhirnya enggan menonton iklan bahkan video tersebut.

  • Overlay Ads

Jenis iklan semi transparan ini muncul hanya di 20% bagian bawah video. Bedanya, Anda bisa hanya mencantumkan tulisan saja namun tampilan dari video berukuran 720×90 px dan 458×60 px.

  • Sponsored Cards

Konten jenis ini cocok untuk video Anda misalnya dengan menampilkan produk pada video. Jadi, penonton yoiutube juga akan melihat promosi tersebut selama beberapa detik.

Itulah jenis video iklan yang ditayangkan di youtube. Jadi, sudah menentukan video iklan untuk promosi produk Anda?