Arti Tautan pada Website

Arti Tautan pada Website

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), arti tautan adalah hasil bertaut, kaitan, hubungan. Pada website, tautan atau link atau hyperlink diartikan sebagai kaitan antar halaman. Halaman yang dimaksud bisa jadi halaman antar website ataupun halaman dalam 1 website.

Fungsi Tautan

Sesuai dengan arti tautan, dalam dunia website, link pada dasarnya berfungsi untuk mengaitkan antara informasi yang satu dengan informasi yang lain. Dalam SEO, link ini bisa digunakan untuk mengoptimasi website sehingga visitor website meningkat.

Jika dijabarkan, tautan atau link memiliki berfungsi sebagai berikut ini:

  • Mempermudah dalam memberikan suatu halaman atau konten, baik dalam bentuk tulisan, gambar, video ataupun audio.
  • Bookmark data ketika ingin mengakses informasi di lain waktu.
  • Referensi atau perujuk ketika konten tidak bisa dimuat dalam 1 halaman.
  • Identitas dari konten situs.
  • Mengambil data dari situs website.
Arti Tautan pada Website
Arti Tautan pada Website

Perbedaan dengan URL

Bukankah tautan itu link dan URL juga berupa link? Lantas, apa perbedaannya?

Pertanyaan tersebut kerap kali ditanyakan terutama oleh orang yang baru belajar mengenal website. sekilas sama namun berbeda.

Jika URL digunakan untuk menunjukkan suatu alamat dari suatu website, maka link atau hyperlink ditempatkan pada blog. Link inilah yang ketika di klik, akan mengarahkan Anda ke halaman lainnya sesuai dengan hyperlink yang dipergunakan

Kekurangan Link

Link memang bisa bermanfaat untuk memaksimalkan website terutama untuk website bisnis. Kenapa? Karena dengan adanya link, semakin banyak orang yang akan tahu website bisnis tersebut sehingga visitor semakin banyak.

Sayangnya, jika Anda keliru dalam menggunakan dan meletakkan link misalnya dalam artikel biaya desain logo, hal tersebut justru akan merugikan bagi Anda. Seperti berikut ini, beberapa kekurangan link yang merugikan jika tidak tepat penggunaannya:

  • Dianggap sebagai spam. Link spam ini terjadi ketika Anda menempatkan link secara berlebihan sehingga mengganggu pengguna atau pengunjung website yang lainnya.
  • Bisa digunakan untuk akses kejahatan cyber. Akibatnya, informasi yang tersimpan di link tersebut akan terbuka bahkan dicuri dan digunakan untuk hal yang tidak bertanggung jawab.
  • Merujuk ke informasi yang salah, terutama ketika Anda menggunakan fitur redirect atau pengalihan otomatis. Fitur ini umumnya digunakan di situs download. Sayangnya, jika terlalu banyak redirect, justru akan mengganggu visitor karena informasi yang dibutuhkan tak kunjung diperoleh.

Munculnya hoax. Hal ini seiring dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat terutama di Indonesia. Akibatnya, informasi yang salah atau tidak valid diterima dan kemudian dipercaya oleh masyarakat.

Itulah arti tautan menurut KBBI dan dalam dunia website. Penggunaan link yang tepat akan membantu untuk memaksimalkan website dan membuat visitor meningkat. Jadi, ingat ya, jika Anda hendak menggunakan link atau tautan, gunakan seperlunya saja dan tempatkan dengan tepat.