Dampak Dari Sosial Media

Dampak Dari Sosial Media

 

Segala sesuatu pasti mempunyai akibat bila digunakan tidak sesuai dengan aturannya, begitu pula dengan sosial media. Berikut ini adalah dampak dari sosial media yang harus Anda ketahui :

Disparitas

Disparitas dapat diartikan sebagai perbedaan, jarak yang pada dasarnya dapat diartikan dengan kesenjangan seseorang untuk mendapatkan informasi. Orang yang menetap di wilayah terpencil, orang yang kurang mampu secara finansial, dan para lansia tentu saja akan mempunyai kesulitan dalam mengakses informasi dari internet. Hal ini dapat terjadi karena minimnya akses internet, tidak mempunyai perangkat pendukung seperti Smartphone, dan tidak mampu dalam menggunakan teknologi yang ada bagi para lansia. Ketimpangan dalam hal ini juga bisa terjadi dalam hal pendidikan. Contohnya seperti di sekolah yang mampu mengadakan teknologi dalam kurikulum mengajar akan lebih mempunyai akses informasi lalu kemudahan belajar yang lebih jika dibandingkan dengan sekolah konvensional.

Kesehatan fisik dan mental

Media sosial bisa memberikan pengaruh yang tidak baik untuk kesehatan seseorang, bisa untuk kesehatan fisik atau untuk kesehatan mental. Hal ini dapat tejadi karena seseorang yang menerima informasi yang sangat banyak dan tidak bisa lagi untuk memproses informasi tersebut. Lalu kasus seperti cyber-bullying dan trolling juga menjadi salah satu dampak yang kurang baik paling nyata dan sering terjadi saat ini. Karena masalah tersebut dapat membuat korbannya menjadi mengalami masalah kesehatan mental seperti stress dan depresi, bahkan tidak sedikit yang bisa berujung kepada hal yang lebih membahayakan lainnya seperti bunuh diri.

New Narcism

Tidak hanya itu saja sisi negatif yang muncul dari sosial media, yaitu ada yang namanya narsisme jenis baru. Saat ini sedikit orang yang mengorbankan hal-hal penting hanya untuk mendapatkan pengakuan secara online. Banyak juga hal yang bisa Anda dapatkan dari sosial media yang bersifat negatif yang ditimbulkan dalam penggunaannya.

Merebaknya kasus kejahatan

Ini merupakan salah satu dampak dari sosial media yang paling banyak terjadi saat ini, yaitu makin maraknya kasus kejahatan. Kasus kejahatan bisa berupa penipuan atau penculikan pada anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun. Anda dapat mencegah hal tersebut dengan selalu berhati-hati dalam menggunakan sosial media dan bijak dalam menyikapinya. Jangan sampai Anda yang menjadi korban dalam penyalahgunaan sosial media.

Spam

Apapun sosial medianya sudah pasti tidak lepas dari yang namanya spam. Dengan sosial media akan memudahkan para spammer untuk membombardir para pengguna internet dengan konten spam mereka. Pembuat spam tersebut dapat berupa akun yang dikelola oleh orang secara langsung atau bisa juga dengan bot.

Berita palsu

Anda sudah pasti tidak heran jika sebagian besar HOAX tersebar melalui sosial media. Hal ini disebabkan karena mudahnya seseorang dalam menyebarkan informasi tanpa adanya filter yang memadai. Tingkat kesadaran dalam mengolah informasi ini juga yang menjadikan faktor utama bagaimana dengan mudahnya orang membagikan informasi yang belum valid atau bahkan bersifat provokatif.