Konten Promosi Instagram, Bagaimana Cara Kerja dan Apakah Efektif?

Konten Promosi Instagram, Bagaimana Cara Kerja dan Apakah Efektif?

Sejak diluncurkan pada 2016 yang lalu, fitur Promote di Instagram memberikan kemudahan yang lebih, daripada fitur Iklan berbayar yang sudah lebih dulu ada. Fitur ini memiliki kelebihan tersendiri untuk menambahkan tombol “Call to Action” atau “Contact” secara langsung di konten yang diinginkan. 

Apakah fitur Promote ini lebih baik dari fitur Iklan Berbayar yang sudah ada, dan bagaimana cara kerjanya? Simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Fitur Promosi

Pada umumnya, marketer ataupun pemilik akun Instagram lebih familiar dengan Iklan Berbayar, ketimbang fitur Promosi ini. Memang keduanya membutuhkan biaya untuk bisa dijalankan, namun dari segi teknis cara penggunaan ada perbedaan yang besar. Termasuk juga tingkat efektifitasnya dalam meningkatkan brand, atau mendongkrak penjualan.

Secara umum fitur Promosi ini memiliki arti fitur pada konten regular, bukan iklan, yang ingin dikonversikan menjadi konten bersponsor untuk mendapatkan jangkauan audiens yang luas. Label Sponsored akan muncul di konten, tapi Instagram menerapkan algoritma yang berbeda, karena setiap audiens yang ditarget juga memiliki interest yang berbeda juga.

Baik Iklan Berbayar maupun Promosi memiliki tujuan untuk meningkatkan engagement dan penayangan. Namun Iklan lebih cocok untuk Conversi karena memiliki fitur targeting yang lebih mendetail. Sementara Promosi menjadikan konten beberapa tingkat lebih baik, untuk meningkatkan likes, comment dan shares. 

Kasus yang ada misalnya, jika anda lebih membutuhkan brand awareness, menggunakan Iklan Berbayar akan membuang biaya, karena Iklan lebih untuk meningkatkan Konversi. Karena hal inilah, akhirnya fitur Promosi diterapkan oleh Instagram.

Bagaimana Menggunakan Fitur Promosi?

Kelebihan yang menjadikan fitur Promosi lebih efisien yakni, bisa diaplikasikan secara langsung melalui ponsel. Tidak seperti Iklan Berbayar yang membutuhkan Laptop atau PC agar bisa melakukan pengaturan secara mendetail.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan akun Bisnis, bukan akun Personal. Jadi jika akun anda masih Personal, silahkan mengubahnya menjadi akun Bisnis melalui halaman pengaturan. Selain itu juga, anda juga harus memiliki akun Business Page di Facebook, dengan admin yang sama. 

Selanjutnya, buat sebuah konten untuk dipromosikan, anda juga bisa menggunakan konten yang sudah ada. Jika akun anda sudah akun Bisnis, maka akan muncul tombol Promote di konten tersebut. Anda tinggal klik, dan akan diarahkan menuju halaman pengaturan. 

Kemudian akan ada 3 pilihan kemana anda akan mengarahkan audiens yang sudah memberikan klik pada konten Promosi anda tadi. Pilihannya yakni : ke Halaman Profile Instagram, Website, atau ke Halaman Toko anda. 

Jika anda menginginkan penambahan Followers, maka pilih Halaman Profile. Jika ingin mendapatkan traffic ke website, pilih ke Website atau jika ingin meningkatkan penayangan pada produk-produk anda, bisa anda arahkan ke Halaman Toko. 

Berikutnya, anda akan diberikan pilihan untuk menambahkan Action Button yakni : 

  • Learn More – Untuk user agar bisa melihat lebih detail informasi yang anda berikan, 
  • Belanja Sekarang – Untuk user melakukan pembelian produk anda 
  • Lihat Selengkapnya – Untuk user melihat video lebih lengkap 
  • Hubungi Kami – Untuk user menghubungi anda terkait informasi yang anda berikan 
  • Booking Sekarang – Untuk user melakukan pemesanan kamar (biasanya untuk hotel dan villa)
  • Daftar – Untuk user melakukan pendaftaran dengan form yang anda sediakan

Setelah itu, anda akan diarahkan pada halaman penentuan target yang anda bidik. Anda bisa memilih fitur otomatis di mana algoritma Instagram akan memberikan pilihan terbaik sesuai dengan konten anda. Atau Lokal, untuk menarget audiens di wilayah sekitar lokasi bisnis anda. Bisa juga Manual, yakni anda mengatur secara detail target audiens sesuai wilayah, ketertarikan dan demografi.

Halaman berikutnya adalah pengaturan Budget yang anda miliki. Semakin besar, tentu semakin tinggi tingkat konten anda dilihat oleh audiens, dan berapa konten promosi anda akan tayang. Setelahnya, tekan tombol Create Promotion dan konten promosi anda akan diverifikasi oleh pihak Instagram untuk bisa dipublikasikan.

Memang dalam penggunaan Fitur Promosi ini dibutuhkan keahlian tersendiri. Yakni anda harus bisa mengetahui pasar dan juga membuat konten yang menarik, sehingga budget yang anda keluarkan tidak sia-sia. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan jasa promosi Instagram, jadi anda hanya tinggal menyediakan budget dan semuanya akan diatur oleh tim mereka.