Perbedaan Traffic SEO Untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

Perbedaan Traffic SEO Untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

Peningkatan traffic yang terjadi di website Anda sudah pasti ada hubungannya dengan SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha-usaha mengoptimasi website untuk mesin pencari agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian. Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan website-website berdasarkan rangking.

Jika website Anda memiliki konten yang bagus tapi minim pengunjung, maka itu sama sekali tidak ada artinya. Anda harus memastikan bahwa website mampu menarik sejumlah pengunjung, apalagi mempertahankan mereka untuk terus berlama-lama di sana. Terdapat banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mendatangkan dan mengelola traffic yaitu dengan mengetahui dari mana traffic berasal. Terdapat tiga tipe traffic SEO, yaitu :

Quality Traffic

Untuk website bisnis, semakin banyak pengunjung situs yang berganti status menjadi pembeli, maka semakin baik pula kualitas trafik yang dimiliki. Anda dapat menggunakan tingkat konversi untuk mengindikasi kualitas trafik website. Kualitasnya sendiri tergantung pada jenis dan tujuan bisnis, tapi 5% sudah bisa dinilai sebagai tingkat konversi yang baik. Trafik yang baik juga tercipta ketika pengunjung website mencari tahu produk-produk yang Anda tawarkan. Apabila Anda menjual smartphone Blackberry, misalnya, maka yang ditargetkan bukanlah orang-orang yang ingin membeli buah.

Quantity of Traffic

Memang benar kalau kualitas trafik itu penting. Namun, kuantitas trafik tetap menjadi hal yang paling mendasar. Umumnya jumlah trafik dihitung berdasarkan banyaknya pengunjung yang masuk dan mengakses situs. Akan tetapi, masih ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan diawasi, yakni: pengunjung situs, page view, dan durasi kunjungan. Semua hal yang disebutkan sebelumnya tidak perlu dihitung dengan metode manual. Anda bisa menggunakan tool, seperti Google Analytics atau StatCounter, untuk menganalisis trafik website.

Organic Traffic (Tidak Berbayar)

Tipe trafik yang disukai oleh hampir sebagian besar pemilik website adalah organic traffic. Selain gratis, organic traffic juga mampu mendatangkan lebih banyak pengunjung situs atau bahkan konversi. Sebagai contoh, sebagian pengguna internet mengetikkan keyword atau kata kunci tertentu di bar pencarian, kemudian mengklik link yang ditampilkan di hasil pencarian. Kunjungan melalui link tersebutlah yang disebut sebagai organic traffic. Meskipun terlihat mudah, persaingan untuk mendapatkan organic traffic sangatlah ketat. Oleh karena itu, Anda harus menerapkan praktik SEO yang baik untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Berikut adalah informasi mengenai perbedaan traffic SEO untuk meningkatkan traffic website Anda. Baca juga informasi menarik lainnya mengenai cara mengetik cepat.