Tata Letak dan Desain Interior Rumah Minimalis 2 Lantai

Sebagian dari Anda mungkin memiliki rumah dengan 2 lantai yang dilengkapi dengan 3-4 kamar atau lebih. Agar tetap terlihat menarik, aman dan ruangan tetap luas, Anda perlu memperhatikan tata letak dari perabotan yang digunakan. Untuk tahu bagaimana mengatur letak perabotan tersebut, simak informasi desain interior rumah minimalis 2 lantai berikut ini.

  • Perhatikan Kebutuhan Lansia dan Anak

Jika Anda tinggal bersama dengan orang tua Anda, maka Anda harus memperhatikan kebutuhannya. Apakah sekiranya penempatan perabotan tersebut bisa menimbulkan cidera atau tidak. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan letak kamarnya dan usahakan untuk di lantai 1 agar tidak naik turun tangga.

Anda juga perlu memperhatikan situasi dan kondisi anak Anda. Jika anak Anda termasuk anak yang aktif, hindari meletakkan perabotan ataupun aksesoris yang mudah terjatuh. Misalnya hindari meletakkan vas bunga besar di dekat tangga ataupun di area yang kerap dilalui oleh anak.

  • Rapatkan Perabotan di Salah Satu Sisi Dinding
Tata Letak dan Desain Interior Rumah Minimalis 2 Lantai
Tata Letak dan Desain Interior Rumah Minimalis 2 Lantai

Anda bisa menempatkan sofa ataupun meja di dekat dinding. Sedangkan untuk televisi bisa diposisikan di seberang meja atau kursi. Apabila Anda ingin ruangan tampak luas, maka Anda bisa menggunakan rak dinding untuk meletakkan TV ataupun buku yang Anda simpan.

Selain itu, pastikan jika ukuran perabotan sesuai dengan ukuran ruangan agar tidak terkesan berat sebelah. Anda bisa meminta bantuan https://www.sribu.com/id/interior untuk perabotan dan interior rumah Anda.

  • Gunakan Lampu Gantung

Untuk memberikan kesan mewah dan mendapatkan pencahayaan secara menyeluruh, Anda bisa menggunakan lampu gantung. Pilih jenis lampu gantung yang memiliki pencahayaan yang baik.

Anda bisa saja menggunakan lampu yang dipasang langsung di bagian gypsum dengan teknik up ceiling. Anda dapat mengkombinasikan antara pencahayaan lampu berwarna orange kuning dengan warm white. Kombinasi warna lampu ini bisa memberikan kesan yang hangat dan mewah.

  • Perbanyak Jendela Besar

Jika Anda termasuk orang yang ingin menghemat energi listrik, Anda bisa memperbanyak jendela besar. Fungsi dari jendela ini tidak hanya untuk pencahayaan namun juga untuk memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Dengan begitu, rumah Anda juga akan lebih sejuk.

Jika menurut Anda pencahayaan ruangan masih kurang, Anda bisa menggunakan genteng kaca untuk ruang atas. Dengan begitu, rumah Anda tetap akan mendapatkan pencahayaan yang baik di siang hari.

  • Gunakan Pot untuk Tanaman Hias

Agar desain interior rumah minimalis 2 lantai terlihat lebih fresh dan memberikan kesan sejuk, gunakan tanaman hias yang ditaruh di pot. Anda bisa menggunakan pot yang diletakkan di meja ataupun di gantung.

Namun, pastikan jika Anda menempatkannya di tempat yang tidak membahayakan dan mengganggu lalu lintas. Misalnya Anda bisa menempatkan pot di meja ruang tamu, samping sofa atau digantung di teras rumah. Dengan begitu, rumah Anda akan terlihat lebih asri dan hidup dibandingkan sebelumnya.

Itulah beberapa cara dan desain interior rumah minimalis 2 lantai agar hunian Anda terlihat lebih nyaman, aman dan enak dipandang. Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya untuk Anda.