Apa itu Compro dan Fungsinya untuk Bisnis?

Apa itu Compro dan Fungsinya untuk Bisnis?

Apa itu compro? Dokumen ini selalu kita temui di setiap kegiatan bisnis. Tapi tidak banyak yang benar-benar tahu arti dan kegunaan dari compro. Bahkan, tidak sedikit yang salah mengartikan compro layaknya dokumen promosi lain seperti brosur atau pamflet. Pengertian compro perlu Anda pahami untuk dapat mengenali dan membedakannya dari jenis media lain.

 

Compro selalu dibutuhkan oleh setiap perusahaan, tidak terbatas pada skala atau sektor tertentu. Mula dari UMKM bermodal kecil sampai perusahaan pelat merah multinasional, semuanya membutuhkan compro sebagai dokumen yang memuat identitas dan kegiatan perusahaan. Anda bisa membayangkan compro sebagai kartu identitas atau tanda pengenal perusahaan yang sudah pasti diperlukan dalam berbisnis. Pengertian dan fungsi compro secara lengkap bisa Anda pelajari pada uraian di bawah ini.

 

Apa itu Compro?

  • Definisi

Untuk menjawab pertanyaan ‘apa itu compro?’, kita perlu berangkat dari definisi paling sederhana. Company profile dapat diartikan sebagai media publikasi yang memuat informasi dasar perusahaan beserta daftar produk dan jasa. Dengan kata lain, compro adalah dokumen yang Anda gunakan untuk menjelaskan identitas perusahaan, sektor bisnis, serta produk yang Anda tawarkan.

Berbeda dari brosur atau media lain yang dikhususkan untuk kebutuhan iklan, informasi dalam compro bersifat lebih umum. Tujuan utama dari compro adalah untuk menarik perhatian calon klien agar berminat untuk mengenal bisnis dan produk Anda lebih jauh. Dari sinilah kemudian klien di arahkan ke media lain yang memuat informasi lebih lengkap tentang produk-produk Anda.

 

  • Fungsi

Anda tidak bisa memahami apa itu compro tanpa mengenali fungsi-fungsinya. Sebagai dokumen resmi perusahaan, compro mempunyai banyak fungsi sekaligus. Semua fungsi harus dicapai dengan penyajian yang menarik dan didesain sesuai karakter bisnis perusahaan. Karena sifatnya yang multifungsi, compro sudah semestinya dikerjakan oleh tangan-tangan yang profesional dan berpengalaman. Beberapa fungsi compro yang perlu Anda ketahui adalah :

 

  • Informasi Profil Perusahaan

Apa itu compro

Ini adalah fungsi utama dari company profile. Di dalamnya, Anda harus mencantumkan informasi dasar perusahaan seperti nama, logo, alamat, legalitas, sejarah, jajaran direksi, dan lain sebagainya. Pada poin ini, tujuan dari compro adalah untuk memperkenalkan bisnis Anda beserta orang-orang yang ada di baliknya.

 

  • Media Pemasaran

Compro juga berfungsi sebagai media pemasaran. Di dalamnya, terdapat informasi produk dan jasa yang Anda jual. Informasi setidaknya memuat nama, spesifikasi, dan harga. Selain memperkenalkan produk, bagian ini juga berfungsi untuk menarik minat orang lain agar tertarik menggunakan produk dan jasa Anda.

 

Kesimpulan dari Pertanyaan ‘Apa itu Compro?’

Setelah memahami definisi dan fungsi dari compro, sekarang waktunya untuk menarik kesimpulan. Secara garis besar, compro dapat diartikan sebagai dokumen yang memuat informasi dasar perusahaan (nama, logo, alamat, dll.) beserta kegiatan bisnis berupa produk dan jasa yang dihasilkan. Jadi, setelah memahami apa itu compro, siapkah Anda membuat company profile profesional untuk bisnis Anda?