Press Release

Press Release

Press Relase adalah suatu kegiatan penyampaian pesan oleh humas kepada media massa atas tanggapan atau respon penjelasan dan hak jawab, melalui langkah-langkah sebagai berikut :

Untuk meluruskan informasi yang keliru dan cenderung menyesatkan. Sehingga di khawatirkan menjadi persepsi bahkan opini.

Untuk melengkapi informasi yang sudah berkembang dan sampai ke khalayak, tetapi tidak lengkap.

Untuk memperkenalkan sekaligus menjelaskan kebijakan baru, roda baru atau keputusan yang Lama tetapi belum tersosialisasikan secara umum.

Untuk menyampaikan kepada publik tentang hal-hal yang sifatnya personal tetapi dianggap sebagai kepentingan publik dan humas menyampaikan hak jawabannya.

Terdapat 3 kategori pada press release, yaitu :

Hard News Press Relase, yaitu kegiatan press relase yang dilakukan oleh humas daoam merespon informasi yang berkembang secara tiba-tiba dan humas dalam hitungan max 2×24 jam harus segera melakukan tanggapannya.

Soft News Press Relase, yaitu kegiatan yang dilakukan humas atas pemberitaan yang lebih bersifat tidak begitu prinsip tidak langsung berkaitan dengan kepentingan organisasi dan tidak perlu reaktif ditanggapi.

Embargo, yaitu kegiatan dari humas melalui press realse yang isinya memintq kepada media untuk tidak memberitakan terlebih dahulu suatu kejadian atau peristiwa,

Tujuan dari pembuatan press release itu sendiri adalah untuk menjaga dan memelihara hubungan baik dalam sebuah organisasi, untuk mempublikasikan produk khusus atau produk regular, dan untuk membina hubungan dengan pemegang saham.

Dalam pembuatan press release secara teknis ditulis dalam 400 sampai dengan 600 karater kata. Press release dibuat dengan menggunakan prinsip yang objektifitas, tidak memihak dan menyalahkan pihak lain, tidak membuat unsur sara, dan tidak mengarah kepada propaganda. Dalam membuat press release seorang humas harus tahu dan mengerti tentang karakter serta visi dan misi media massa.

Supaya press release dimuat di media terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain yaitu berfikir bukan supaya siaran per terbit, tetapi sampaikan informasi kepada media, jangan datang ke media ketika deadline, umumnya diakhir pekan media kekurangan berita sehingga ini waktu yang tepat untuk Anda mengirim press release.

Berikut adalah penjelasan mengenai press release, dan jika Anda membutuhkan jasa pembuatan press release bisa mengunjungi https://www.sribu.com/id/cat/jasa-press-release.