Pengertian dan Cara Membuat Anchor Text

Pengertian dan Cara Membuat Anchor Text

Untuk mengoptimasi website, ada banyak cara yang bisa digunakan seperti menggunakan anchor text. Anchor text ini adalah bagian text yang berisi suatu tautan atau link yang bisa diklik. Lalu, bagaimana cara membuat anchor text itu?

Pentingnya Anchor Text

Sebelum Anda mengetahui cara membuat anchor text, Anda perlu tahu seberapa penting anchor text tersebut. Bagi mesin pencari seperti google, adanya anchor text bermanfaat untuk ‘mendeteksi’ adanya link yang perlu di crawling. Jika sudah di crawling mesin pencari, maka akan di indeks.

Semakin cepat dan banyak link yang diindeks maka kemungkinan link muncul di hasil pencarian juga akan semakin besar. Karena hal tersebut, anchor text sangat mempengaruhi peringkat di search engine.

Di tahun 2012, Google Penguin diberlakukan dan membantu untuk mengeliminasi website yang melakukan kecurangan. Dengan begitu, konten relevan juga akan muncul di mesin pencarian.

Tips Membuat Anchor Text

Cara membuat anchor text tidak semudah yang dibayangkan apalagi untuk optimasi SEO. Anda harus menggunakan kata yang tepat sesuai dengan sumber link yang Anda tempatkan tersebut.

Pengertian dan Cara Membuat Anchor Text
Pengertian dan Cara Membuat Anchor Text

Jika masih bingung, Anda bisa menggunakan jasa backlink yang tepat. Namun, jika Anda ingin belajar terlebih dahulu, simak triknya berikut ini:

  • Mewakili Konten

Anchor text tidak bisa dibuat sembarangan. ini karena anchor text berfungsi untuk memberikan informasi mengenai konten yang dirujuk. Sebisa mungkin, gunakan anchor text yang singkat dan bisa menarik pengunjung.

  • Relevan

Sesuaikan antara anchor text dengan konten yang ditautkan. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan ranking website Anda di mesin pencari.

Jika Anda menggunakan anchor text yang berbeda dengan tautan yang Anda gunakan, maka akan membuat pengunjung website merasa tertipu. Alhasil, visitor tidak akan ragu untuk menutup halaman tersebut dan membuat bounce rate meninggi. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kualitas dan juga ranking website di mesin pencari.

  • Variasi Anchor Text

Memang, menggunakan anchor text yang berulang-ulang akan dianggap tidak wajar oleh google, bahkan Anda bisa masuk dalam radar pemantauan dari Google. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan anchor text yang lebih bervariasi dan hindari untuk menggunakan 1 jenis saja.

Lantas berapa anchor text yang boleh digunakan? Ada yang mengatakan bahwa idealnya branded anchor yang bisa digunakan adalah 40%, 20% naked link anchor dan 5% partial match. Sayangnya, formula tersebut tidak berlaku untuk semua jenis website. Maka dari itu, gunakan variasi anchor sesuai dengan website yang Anda miliki.

  • Sinonim

Jika Anda bingung anchor text yang tepat untuk website Anda, gunakan saja sinonim kata kunci. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan anchor text yang tepat dan tidak mengalami over optimization.

Itulah cara membuat anchor text dan triknya yang perlu Anda tahu. Dengan cara ini, semoga Anda bisa terbantu dan tidak bingung lagi ya.