3 Software Database Input Data yang Harus Diketahui

3 Software Database Input Data yang Harus Diketahui

Dampak sosial media yang kini merambah hingga ke bisnis membuat banyak perusahaan mau tidak mau harus menyediakan database untuk menyimpan data perusahaan. mulai dari data produk, konsumen ataupun data karyawan. Database sendiri merupakan wadah atau tempat untuk menyimpan informasi atau data yang dimasukkan dengan menggunakan komputer.

Setiap data yang tersimpan tersebut, dapat ‘dipanggil’ dan ditampilkan. Misalnya karyawan divisi keuangan. Namun, untuk memasukkan data ke database ataupun mengelola data, Anda butuh software khusus. Diantaranya adalah:

  1.   Oracle

Oracle biasanya dipergunakan untuk mengakses data dan dilakukan secara online. Karena memiliki kapasitas yang besar, maka biasanya dipergunakan untuk pengelolaan data yang cukup besar. Namun, ada beberapa kelebihan dan kekurangannya.

oracle untuk data besar
oracle untuk data besar

Kekurangan dari database ini adalah rumit dan mahal. Karena hal tersebut, dalam penggunaannya, Anda harus menyiapkan biaya yang cukup besar. Hal ini sebanding dengan apa yang ditawarkan apalagi jika dipergunakan untuk pengolahan data yang besar seperti di perusahaan.

Sedangkan kelebihannya adalah, adanya banyak fitur dan bisa dipergunakan untuk lebih dari 1 server dan datanya transparan. Dengan begitu, data yang dimasukkan oleh admin, walaupun dari server yang berbeda, tetap dapat dimuarakan atau ditujukan di 1 database.

  1.   MySQL

My Structured Query Language atau yang biasa disebut dengan MySQL merupakan salah satu software yang paling banyak dipergunakan untuk membuat dan mengelola database. Salah satunya adalah database website.

MySQL memiliki keunggulan seperti:

  • Memiliki keamanan yang baik.
  • Mudah untuk mengelolanya.
  • Mendukung transaksi.
  • Perkembangan software yang cepat sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Gratis, stabil dan fleksibel untuk pemrograman.

Sayangnya, MySQL juga memiliki kekurangan. Diantaranya adalah:

  • Data yang tersimpan tidak bisa terlalu besar atau tidak mampu menampung data yang terlalu besar.
  • Kurang mendukung untuk bahasa pemrograman Delphi, VB, Foxpro.
  • Lambat jika dipergunakan untuk query yang kompleks.
  • Belum bisa untuk windowing function.
  1.   Microsoft Access

Salah satu produk dari Microsoft ini merupakan media penyimpanan yang mudah dipelajari dan dipergunakan. Keunggulannya adalah cocok jika menggunakan bahasa pemrograman seperti SQL, VB, Macro yang bisa dipergunakan untuk konsep yang berorientasi objek, form dan program logika.

Sayangnya, jika Anda ingin menjadikan Ms. Access sebagai database untuk data yang Anda masukkan, Anda harus menyiapkan ruang atau storage uang cukup besar. Selain itu, kekurangan dari Ms. Access adalah:

  • Hanya bisa dijalankan jika Anda menggunakan OS Windows.
  • Memiliki kapasitas data yang sangat terbatas sehingga cocok hanya bisa dipergunakan untuk bisnis kecil.
  • Keamanan kurang begitu baik. Apalagi jika dibandingkan dengan MySQL dan Oracle.
  • Kurang bagus jika diakses lewat internet atau jaringan. Karena hal tersebut jika Anda menggunakan Ms. Acces, sebaiknya gunakan sistem manajemen basis data yang menggunakan server dan klien. Misalnya dengan topologi bus.

Itulah software untuk database yang bisa Anda pergunakan untuk menyimpan data yang Anda masukkan.